Sejarah Organisasi Advokat
Ikatan Penasihat Hukum Indonesia
9 Mei 1987
Bahwa sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Organisasi Advokat Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) didirikan oleh Padiono, S.H. di Surabaya pada tanggal 9 Mei 1987 yang ditingkat Pusat berkedudukan di DKI Jakarta.
21 Agustus 1998
Pada tanggal 21 Agustus 1998 diselenggarakan MUNASLUB IPHI di Hotel Media Sheraton, Jakarta dan H. Indra Sahnun Lubis, SH. Sebagai Ketua Umum dan H. Suherman Kartadinata, SH. Sebagai sekretaris Jenderal yang menggantikan H. Abdul Aziz Moch. Bahlmar, SH., selaku ketua umum dan H. Masiga Bugis, SH., selaku sekretaris Jenderal kepemimpinan sebelumnya.
Sep 2007
Musyawarah Nasional ke-5 IPHI (MUNAS V IPHI) diselenggarakan pada bulan September 2007 yang menetapkan Periode kepengurusan untuk tahun 2007-2012 dibawah kepemimpinan H. Indra Sahnun Lubis, SH. (Ketua Umum) dan H. Abd. Rahim Hasibuan, SH. MH. (Sekretaris Jenderal).
Mar 2017
Pada tanggal 25-26 Maret 2017 diadakan Rapat Pengurus Nasional (RAPNAS) IPHI di Bandar Lampung yang menetapkan H. Indra Sahnun Lubis, SH. dan H. Abd. Rahim Hasibuan, SH. MH., masing-masing sebagai Caretaker Ketua Umum dan Caretaker Sekretaris Jenderal dengan tugas pokok untuk menyelenggarakan MUNAS IPHI selambatnya 3 (tiga) bulan terhitung sejak berakhirnya RAPNAS IPHI di Bandar Lampung.
Jun 2017
Hingga batas waktu yang telah ditetapkan oleh RAPNAS IPHI Bandar Lampung tersebut diatas, yaitu pada tanggal 26 Juni 2017 Caretaker tidak melaksanakan tugas dan amanah yang diberikan untuk melaksanakan MUNAS IPHI yang mana secara yuridis kedudukan Caretaker sudah gugur terhitung sejak tanggal 27 Juni 2017, karena tidak dapat melaksanakan MUNAS IPHI sesuai amanat RAPNAS IPHI di Bandar Lampung, kemudian disusul H. Indra Sahnun Lubis, SH., meninggal dunia pada tanggal 10 Nopember 2017.
Mar 2018
Kemudian pada tanggal 07 Maret 2018 diadakan pertemuan silaturahim dan Konsolidasi dalam rangka mensikapi kondisi organisasi IPHI Pada pertemuan tersebut, atas dasar kesepakatan bersama maka ditunjuk Pelaksana Tugas yang diberi Mandat untuk melaksanakan MUNASLUB IPHI di Jakarta, yang terdiri dari:
1. H.Yan Juanda Saputra, SH. MH. MM. M.Si
2. H. Zamakh Sari HM, SH. MH.
3. H. Abd. Rahim Hasibuan, SH. MH.
4. DR. H. Herman Kadir, SH. M. Hum
5. DR. H. Sujud Sirajudin, SH. MH.
6. DR. H. Nudirman Munir, SH. MH.
7. DR. H. Asfifuddin Affan, SH. MH.
Penunjukkan/pemberian mandat tersebut dituangkan dalam Surat Penunjukkan Pelaksana Tugas yang ditanda tangani oleh Bapak Padiono, SH., selaku Pendiri IPHI.
Sep 2018
Pelaksanaan Musyawarah Luar Biasa (Munaslub) pada tanggal 7-9 September 2018 di Jakarta dihadiri oleh unsur Pendiri IPHI, Fungsionaris DPP IPHI, Ketua DPD/DPC dan utusan masing-masing DPD/DPC serta anggota IPHI yang membentuk kepengurusan baru Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (DPP-IPHI) periode 2018 – 2023 dan menetapkan H. Yan Juanda Saputra, SH. MH. MM. M.Si. sebagai Ketua Umum dan Zakirudin Chaniago, SH., MH sebagai Sekretaris Jenderal.
× Ada yang bisa kami bantu?